Mengambil Jurusan Kuliah Bisnis Digital, Bagaimana Prospek Kerjanya?

belajar di jurusan kuliah online bisnis digital

Perkembangan teknologi beberapa tahun belakang secara sadar atau tidak sudah melahirkan banyak peluang untuk para pelaku usaha. Banyak perusahaan yang pada akhirnya berlomba-lomba terjun ke dalam dunia digital, dengan buka e-commerce. Ini membuat permintaan lulusan Bisnis Digital kian meningkat.

Untuk Anda yang ingin jadi incaran perusahaan setelah lulus, jurusan kuliah Bisnis Digital dapat menjadi pilihan tepat. Sebab, prospek kerjanya cukup beragam.

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan Bisnis Digital:

Digital Marketer

Prospek kerja pertama lulusan jurusan kuliah Bisnis Digital, yakni menjadi pemasar digital atau digital marketer. Profesi ini adalah salah satu profesi banyak dicari sekarang ini. 

Sebagai digital marketer, Anda akan bertugas untuk jalankan strategi pemasaran pada berbagai channel digital perusahaan, seperti e-commerce, website, media sosial, dan lainnya.

Business Development

Menjadi lulusan Bisnis Digital pun dapat menjadi business development. Business development adalah profesi yang tugasnya melakukan pengembangan pasar serta relasi bisnis. 

Untuk dapat menjadi business development, Anda harus dapat menciptakan serta menemukan kesempatan baru untuk kembangkan bisnis. Oleh sebab itu, business development perlu untuk memahami seluk-beluk pemasaran atau marketing, analisis, negosiasi, sampai financial management.

Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis tugasnya untuk berikan saran pada pebisnis terkait dengan kegiatan bisnis yang sedang dijalankan, terlebih pada bisnis digital. Tak hanya itu, profesi ini pun juga membantu klien di dalam mengidentifikasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi dan juga merumuskan solusi serta mendampingi para klien dalam membuat perencanaan bisnis. Profesi ini cocok untuk Anda lulusan Bisnis Digital yang ingin ikut andil di dalam perkembangan suatu perusahaan.

Product Manager

Product manager adalah seseorang bertanggung jawab atas suatu produk secara penuh, mulai dari planning, development, sampai maintenance. Tak hanya itu, Anda pun akan bertugas mengidentifikasi produk yang potensial, riset pasar, tentukan spesifikasi, tentukan jadwal produksi, perumusan harga produk, pun terlibat di dalam mengembangkan strategi pemasaran. 

Pebisnis Online

Anda memiliki passion di dalam membangun bisnis? Profesi ini cocok sekali untuk Anda. Dengan bekal pengetahuan tentang bisnis digital, Anda akan lebih mudah untuk membangun bisnis, terlebih bisnis online Teknologi internet yang buat pelaku bisnis lebih mudah dalam mengekspansi usaha. Sebab, bisnis online mampu untuk jangkau pasar lebih luas, fleksibel, serta hemat biaya. 

Demikianlah beberapa prospek kerja jurusan kuliah Bisnis Digital setelah lulus nanti. Menarik, bukan?

Mengambil Jurusan Kuliah Bisnis Digital, Bagaimana Prospek Kerjanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top