Kenali Jenis-Jenis Coffee Bean Grinder agar Kamu Tidak Ketinggalan Tren Ngopi

Ilustrasi Biji Kopi

Minum kopi udah menjadi sebuah agenda harian yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang. Bagi pecinta kopi, mencari kopi kualitas terbaik adalah hal keharusan. Tentu saja kualitas dari kopi dipengaruhi oleh coffee bean grinder yang menggilingnya.

Jenis Coffee bean grinder

Setiap penggiling kopi memiliki ciri khas dan kegunaannya masing-masing. Di bawah ini adalah daftar jenis coffee bean grinder yang harus diketahui oleh pecinta kopi:

  1. Grinder Manual

Sesuai namanya, grinder manual menggunakan tangan sebagai tenaga utama penggilingan. Coffee bean grinder ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan aroma tradisional khas kopi. Namun, kekurangan dari grinder ini adalah kapasitasnya yang kecil.

  1. Grinder elektrik

Grinder modern yang menggunakan listrik sebagai penggerak utamanya sehingga bisa menghasilkan banyak kopi dalam waktu yang singkat. Kekurangan dari grinder ini adalah ukurannya yang besar.

  1. Burr Grinder

Burr grinder adalah gilingan kopi yang tidak menggunakan mata pisau, melainkan diganti dengan gigi-gigi yang berada di tembok tabung penggiling. Keunggulan dari grinder satu ini adalah hasil gilingan yang konsisten dan bisa mengekstrak minyak pada biji kopi.

  1. Blade Grinder

Gilingan kopi yang satu ini menggunakan dua mata pisau. Keunggulan utama dari blade grinder adalah kecepatan dalam menggiling kopi, bahkan kurang dari 1 menit. Kekurangannya adalah karena kecepatan yang tinggi, suhu biji kopi bisa naik, kehalusan kopi jadi tidak konsisten dan berpengaruh ke rasa kopi.

Coffee bean grinder Otomatis Vs Manual, Mana Yang Lebih Baik?

Berbicara mengenai dua jenis grinder ini, tentu saja sering menimbulkan pertanyaan. Siapakah yang lebih baik?  Tentu saja kita tahu setiap grinder memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun sebelum mendapatkan jawaban pasti tentunya kita harus memberikan pertanyaan turunan.

Coffee bean grinder digunakan untuk kebutuhan apa? Berapa budget yang kamu miliki? Dari dua pertanyaan ini saja bisa memberikan kamu jawaban terbaik mengenai grinder apa yang ingin kamu miliki.

Grinder manual lebih cocok untuk penggunaan rumahan, sedangkan grinder otomatis dengan segala fiturnya sangat cocok untuk digunakan di coffeshop. Jadi, sudahkah kamu menentukan mana grinder yang ingin kamu pinang?

Kenali Jenis-Jenis Coffee Bean Grinder agar Kamu Tidak Ketinggalan Tren Ngopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top