4 Prosedur Pengajuan Kredit di Bank

Ilustrasi pertumbuhan suku bunga deposito

Tidak hanya  sekedar untuk menyimpan uang atau melakukan deposito saja dan mendapat suku bunga deposito bank juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk meminjam uang. Di dalam istilah perbankan, kegiatan meminjam uang ini disebut dengan pengajuan kredit. Prosedur pengajuan kredit di bank perlu melalui beberapa proses. Ini berarti tidak semerta-merta pihak bank langsung menerima pengajuan tersebut.

Prosedur Untuk Mengajukan Kredit Melalui Bank

Berdasarkan undang-undang Nomor 10 tahun 1998, pengertian kredit bank adalah sebuah layanan penyediaan uang atau tagihan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dan pihak lain. Pihak peminjam harus wajib melunasi hutang setelah jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk bisa mengajukan kredit maka para calon peminjam harus melalui berbagai macam prosedur seperti berikut yaitu:

  1. Mengisi Formulir pada Aplikasi Perbankan

Prosedur pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pada aplikasi kredit. Setelah datang ke bank, pastikan Anda memperoleh formulir Bank pinjaman. Anda harus mengisi beberapa data dengan lengkap sesuai yang diminta oleh formulir.

  1. Melengkapi Semua Persyaratan

Sebelum melakukan penyerahan formulir ke pihak bank, maka calon peminjam harus terlebih dahulu melengkapi berbagai persyaratan. Semua persyaratan tersebut harus lengkap karena dijadikan sebagai penentu apakah pengajuan kredit diterima atau tidak. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut yaitu:

o    Data histori perusahaan

o    Administrasi laporan

o    Pengeluaran dan penerimaan kas

o    Ekspor impor

o    Data proyeksi

o    Laporan rugi laba

o    Data jaminan

  1. Penyerahan Dokumen

Setelah melakukan pengisian formulir dan dokumen persyaratan maka bisa menyerahkan langsung ke pihak bank.  Pihak bank akan melakukan analisis terhadap pengajuan anda dan akan segera mengkonfirmasi keputusannya.

  1. Persetujuan Pengajuan Kredit

Prosedur pengajuan kredit di bank yang terakhir adalah persetujuan pengajuan. Ini tentu saja dilakukan setelah berbagai macam prosedur di atas sudah dilalui.  Jika pengajuan kredit disetujui maka dana akan langsung ditransfer dengan berbagai ketentuan yang berlaku.

Itulah tadi beberapa prosedur pengajuan kredit di bank yang perlu dilalui. Biasanya pihak bank juga akan melakukan survei yang dilakukan oleh tim mereka. Ini juga menjadi salah satu penentu disetujui atau tidaknya pengajuan. Itulah beberapa hal selain suku bunga deposito yang bisa Anda dapatkan di Bank.

4 Prosedur Pengajuan Kredit di Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top