Yuk Kenali Kelebihan Penggunaan Baja Ringan Untuk Konstruksi Bangunan

Ilustrasi Pabrik Baja Ringan

Penggunaan baja ringan saat ini cukup banyak diminati dalam dunia konstruksi. Tidak seperti dahulu, orang masih banyak yang menggunakan bambu atau kayu sebagai kerangka atap rumah. Hadirnya pabrik baja ringan membuat inovasi baru, salah satunya adalah sebagai material yang kuat. Lalu apa sajakah kelebihan baja ringan untuk konstruksi bangunan?

Kelebihan Penggunaan Baja Ringan

  1. Bersifat Anti Rayap dan Anti Lapuk

Berdasarkan namanya saja “baja ringan” tentunya disusun oleh material logam yang ringan, contohnya aluminium. Kelebihan penggunaan baja ringan dari logam tersebut membuatnya anti rayap. Hal tersebut tentu pasti karena logam sebagai material non-organic bukanlah makanan dari rayap.

Selain anti rayap, kelebihan baja ringan juga dia anti lapuk, baik oleh pelapukan fisika maupun kimiawi. Material logam yang digunakan bersifat kokoh, sehingga sangat sulit untuk mengalami pelapukan, apalagi pelapukan oleh rayap. Bahkan secara fisik pun baja ringan bersifat kokoh dan mampu menahan bobot yang berat.

  1. Baja Ringan Anti Karat

Salah satu kelebihan baja ringan yang menjadi unggulan adalah sifatnya yang anti karat. Berbeda dengan logam besi yang bisa berkarat bila terkena air dan udara, baja ringan terbuat dari logam Galvalum, aluminium, dan material lain yang bersifat anti korosi. Oleh karena itu anda hanya cukup sekali saja menggunakan baja ringan untuk seumur hidup penggunaan.

Karena sifatnya yang tahan karat, hal tersebut dapat menghemat pengeluar anda berkali-kali, dibandingkan bila menggunakan kerangka alami dari bambu atau kayu. Hal tersebut karena kayu dan bambu memang tidak berkarat, akan tetapi dapat mengalami pelapukan dan dimakan oleh rayap.

  1. Harganya yang Terjangkau

Ternyata pabrik baja ringan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bahan kayu atau bambu, apalagi di daerah perkotaan. Hal tersebut karena jumlah kayu atau bambu sangatlah terbatas, dan bila menggunakan bahan alam berarti mengorbankan sejumlah ruang terbuka untuk pemanfaatan kerangka rumah.

Keunggulan baja ringan adalah materialnya dari logam dan cukup penggunaan logam yang tipis untuk membuat material yang kokoh. Oleh karena itu dengan baja ringan juga bisa dibilang lebih ramah lingkungan, karena anda tidak perlu menebang kayu atau bambu untuk mendapatkan kerangka rumah.

  1. Bersifat Lentur dan Kuat

Keunggulan baja ringan dari material lain yaitu bersifat lentur tetapi kuat. Bila dibandingkan dengan logam besi, mungkin anda akan kesulitan untuk membengkokkan besi dibandingkan dengan baja ringan. Sifat tersebut membuatnya dapat menyerap energi yang besar dan tidak mudah patah atau getas. 

Karena materialnya dari logam pilihan, pabrik baja ringan ini memiliki kuat tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa. Oleh karena itu pengaplikasiannya dalam konstruksi bangunan sangatlah cocok, selain dia berbobot ringan, anti korosi, juga kuat menahan bobot berat dan memberikan kestabilan yang bagus.

Itu dia beberapa kelebihan penggunaan baja ringan untuk konstruksi bangunan. Tentunya masih ada kelebihan lain seperti bisa didaur ulang dan bersifat mudah dipasang. Oleh karena itu penggunaan baja ringan direkomendasikan bagi anda yang ingin membangun rumah idaman.

Yuk Kenali Kelebihan Penggunaan Baja Ringan Untuk Konstruksi Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top