Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah KPR

Ilustrasi Surat Jual Beli Rumah

Berencana untuk KPR rumah? maka sebelum itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari menggunakan sistem surat jual beli rumah yang nantinya dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Simak ulasannya di bawah ini. 

Kelebihan 

Membeli rumah dengan sistem KPR memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya, antara lain seperti:

  1. Menyiapkan Dana Lebih Sedikit

Memiliki rumah menggunakan sistem KPR, Anda tidak membutuhkan dana yang sangat besar seperti menggunakan sistem tunai. Anda hanya cukup menyiapkan uang muka atau DP. Setelah itu, Anda sudah bisa tinggal di rumah tersebut. 

  1. Dilindungi oleh Asuransi

Cicilan KPR yang Anda bayarkan untuk setiap bulan sudah termasuk dengan biaya asuransi, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan rumah Anda, maka dapat dilindungi oleh asuransi. 

  1. Legalitas Terjamin

Jika Anda mengajukan KPR pada lembaga terpercaya, tentu saja akan memberikan jaminan legalitas yang kuat. Dalam prosesnya Anda akan berhubungan secara langsung bersama lembaga dan perusahaan terpercaya pula. 

Kekurangan 

Selain memiliki kelebihan, surat jual beli Rumah juga memiliki kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan, antara lain:

  1. Harga Rumah KPR Lebih Mahal

Kekurangan beli rumah dengan KPR ialah harganya yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan terdapat bunga yang wajib dibayar ketika cicilan berlangsung. 

Terlebih jika Anda menggunakan KPR konvensional yang mana memiliki bunga yang terus naik dari waktu ke waktu. Selain itu, semakin lamanya tenor yang Anda ambil, maka semakin mahal pula biaya yang perlu Anda bayarkan. 

  1. Berisiko Disita

Selain cicilannya yang lumayan tinggi, rumah KPR memiliki risiko penyitaan. Hal ini akan terjadi apabila Anda tidak lagi mampu membayar cicilan, maka rumah tersebut nantinya akan disita oleh pihak bank. 

Itulah, kelebihan dan kekurangan dalam membeli rumah secara KPR. Pastikan Anda menimbang hal di atas secara matang sebelum memutuskan surat jual beli rumah. Semoga ulasan ini dapat membantu dan memberikan informasi untuk Anda.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah KPR

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top