Tak Hanya Atap Metal Pasir Yang Sedang Populer, Yuk! Kenali Jenis Lain Atap Metal yang Cocok Untuk Hunian Baru Kamu

Ilustrasi atap

Tahukah kamu, selain atap metal pasir yang sedang populer digunakan pada rumah-rumah kekinian, ternyata masih banyak lagi macam-macam atap metal yang tentunya punya kegunaannya masing-masing, loh! Simak penjelasannya berikut ini, ya!

  1. Atap Metal Pasir

Sesuai topik utama dari artikel ini, maka yang akan kita kupas pertama adalah atap metal pasir. Bentuk dari atap metal pasir hampir serupa dengan bentuk Atap konvensional pada umumnya. Bedanya adalah atap metal dijual per lembar dengan beberapa pilihan ukuran bukan per biji atau satuan.

Atap metal pasir minimalis dan simpel ini sangat cocok untuk digunakan rumah hunian pribadi yang cukup tahan untuk melindungi rumah dari panas, hujan, angin, dan lain-lain. Kelebihan dari jenis atap metal yang satu ini antara lain anti karat, tahan panas, kokoh, tidak mudah terbakar, mampu meredam suara bising.

Selain itu, Atap metal yang satu ini juga memiliki banyak varian warna untuk mempercantik eksterior rumah baru kamu. Sehingga bisa jadi pilihan untuk kamu yang baru ingin membangun rumah atau mengganti atap yang sudah rusak.

  1. Atap Metal Stainless Steel

Atap model ini memiliki bentuk yang mirip dengan Atap pada umumnya, hanya saja tidak terdapat cekungan, melainkan hanya datar dengan beberapa sekat. Karena terbuat dari bahan stainless steel ulta permanen yang sangat cocok untuk rumah yang berada pada wilayah dengan suhu panas yang ekstrem, atau dapat juga digunakan sebagai perlindungan luar pada atap gudang penyimpanan, pabrik, dan lain-lain.

  1. Atap Metal Galvalume Steel

Jenis atap metal yang satu ini juga sangat cocok untuk digunakan pada bangunan rumah, seperti pada daerah komplek perumahan mewah perkotaan. Kelebihan dari jenis atap ini yaitu tahan korosi, tahan lama, lebih ringan, harga lebih murah, dan memiliki menonjolkan warna metalik yang dapat mempercantik rumah kamu.

  1. Atap Metal Tembaga

Model atap yang satu ini tak kalah populer dengan atap metal pasir dan biasanya digunakan pada bangunan-bangunan yang memiliki tampilan khas seperti kubah, gereja, atau bagunan bersejarah lainnya. Atau dapat juga digunakan untuk atap rumah yang dijadikan hiasan pada bagian jendela. 

Bahan material dari Atap tipe ini yaitu tembaga yang memiliki kualitas terbaik, tahan lama hingga bisa digunakan 100 tahun lebih. Terlepas dari kelebihannya tersebut, atap metal tembaga memiliki harga yang terbilang mahal jika dibandingkan jenis atap metal lainnya.

  1. Atap Metal Milenium

Varian yang satu ini terbilang baru di pasaran yang memiliki keunggulan utama yaitu tahan karat, kuat dan tidak membutuhkan perawatan. Bentuknya hampir mirip dengan atap konvensional atau metal pasir yang memiliki cekungan pada setiap sekat permukaannya. Selain itu, permukaan atap ini akan memantulkan kilau ketika terkena sinar matahari, dan juga memiliki banyak variasi warna yang dapat kamu pilih,

Itu adalah beberapa rekomendasi jenis atap kekinian yang dapat kamu gunakan untuk hunian baru kamu selain atap metal pasir yang memang sedang populer dan sudah banyak digunakan oleh rumah-rumah di perkotaan Indonesia. Kamu dapat mempertimbangkan juga dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Tak Hanya Atap Metal Pasir Yang Sedang Populer, Yuk! Kenali Jenis Lain Atap Metal yang Cocok Untuk Hunian Baru Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top