Kriteria Perusahaan Maklon Body Care yang Bagus, Jangan Sampai Salah Pilih

maklon

Bekerja sama dengan perusahaan maklon memang sedang marak saat ini. Maklon adalah perusahaan yang akan membantu Anda membuat sebuah produk untuk perusahaan Anda.

Meskipun sedang marak, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih perusahaan maklon. Berikut ini, akan Kami bahas tentang seperti apa kriteria perusahaan maklon body care yang bagus sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

  • Bisa Mengurus izin ke BPOM

Izin dari BPOM bisa dibilang sangat krusial untuk produk Anda supaya bisa dijual. Izin BPOM merupakan bukti kalau produk Anda aman untuk pembelinya.Oleh karena itulah sebaiknya pilih perusahaan maklon yang juga bersedia mengurus izin ke BPOM selain membuat produk.

Hal ini penting karena mendapatkan izin dari BPOM umumnya tidak mudah serta butuh proses panjang.

  • Telah Memiliki Pengalaman 

Pengalaman juga merupakan salah satu faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih perusahaan maklon body care, sebab, hal tersebut akan mengurangi kemungkinan terjadinya gagal produksi yang beresiko kerugian bagi usaha Anda.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh bekerja sama dengan perusahaan maklon yang masih baru. Jika perusahaan tersebut bisa membuat produk yang bagus serta bisa berkomunikasi dengan baik, maka tidak ada salahnya meminta mereka membuat produk untuk Anda.

  • Memiliki Layanan Satu Pintu

Layanan satu pintu merupakan satu layanan yang  dimiliki perusahaan maklon. Layanan satu pintu adalah sebutan untuk rangkaian proses untuk membantu melayani proses pembuatan produk. Dimulai dari membuat konsep,formulasi,uji coba produk sampai memproduksinya dalam jumlah banyak.

  • Mampu Menjaga Kualitas Barang

Kriteria lain yang perlu dimiliki oleh perusahaan maklon adalah mampu menjaga kualitas barang yang diproduksinya.

Selain memiliki izin BPOM, sebaiknya Anda cari perusahaan maklon yang juga memiliki Sistem Jaminan Halal dari MUI serta Sertifikat Pembuatan Kosmetik yang baik yang dikeluarkan oleh BPOM.

  • Menghargai Keunikan Produk Anda

Anda perlu memilih perusahaan maklon yang patuh pada kode etik serta dapat menghargai keunikan produk Anda. 

Salah satu buktinya adalah dengan tidak menjual ulang, formula produk yang dibuat untuk perusahaan Anda kepada perusahaan lain.

  • Memiliki Pabrik yang Sesuai Standar

Anda perlu menemukan perusahaan maklon yang punya pabrik yang sesuai dengan standar internasional dan juga mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang dikenal dengan nama GMP.

GMP merupakan singkatan dari Good Manufacturing practice, di dalamnya terdapat aturan mengenai  hal-hal penting dalam sebuah proses produksi misalnya bangunan serta fasilitas dari pabrik, peralatan di pabrik, kebersihan serta sanitasi, jaminan akan kualitas produk, dokumentasi sampai penarikan produk yang telah dibuat.

Itulah beberapa kriteria perusahaan maklon body care yang bagus, Apakah Anda sudah menemukannya? Semoga usaha Anda berjalan lancar.

Kriteria Perusahaan Maklon Body Care yang Bagus, Jangan Sampai Salah Pilih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top