Mengenal Convection Oven Gas Dan Cara Kerjanya

dapur dengan tema kayu dengan build in oven di tengahnya

Penggunaan convection oven gas memang cukup banyak ditemukan di kalangan para pengusaha makanan. Hal ini berkaitan dengan fungsi utamanya yang dapat digunakan untuk menghasilkan kue dengan tingkat kematangan terbaik. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh terkait oven tersebut, simaklah penjelasannya berikut ini :

Apa itu convection oven gas?

Convection oven gas dikenal sebagai oven gas yang mana kehadirannya disertai dengan kipas blower di dalamnya. Selain itu ia juga memiliki sumber panas yang berada di bagian tengah-tengah oven, sehingga proses memanggang pada adonan kue pun akan menghasilkan tekstur kering yang lebih baik.

Hadir dengan kombinasi blower, oven gas ini juga dilengkapi dengan burner api yang berada di bagian belakang dinding oven. Karena itulah kehadirannya pun jelas berbeda dengan oven gas manual lainnya. Karena pada oven gas deck lainnya mereka seringkali menghadirkan api di bagian atas dan juga bawah.

Jika dilihat dari keberadaannya, oven gas umumnya dibuat dengan menggunakan bahan dari logam stainless steel. Selain kualitas logam yang berkualitas tinggi, teknologi pada oven gas pun terbilang canggih. Sehingga cara penggunaannya jauh lebih profesional dibandingkan dengan cara kerja oven manual lainnya..

Cara kerja convection oven gas

Untuk cara kerja dari oven gas ini dilakukan dengan mengandalkan teknologi dari central burner. Dengan posisinya yang berada di bagian tengah-tengah oven, ia pun dikombinasikan dengan kehadiran kipas blower. Dengan adanya kipas tersebut, proses pendistribusian panas pun dapat tersalurkan dengan lebih baik.

Dalam hal ini, panas yang berasal dari burner akan disalurkan ke seluruh bagian dalam dari ruang oven. Dengan demikian adonan yang tersimpan pada loyang pun akan dipanggang dengan suhu maksimal. Selain itu, udara panas yang ada di dalam oven juga menghasilkan tekstur kue yang kering serta lebih renyah.

Tidak hanya itu, oven gas ini juga hadir dengan pengatur suhu terbaik, sehingga anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Misalkan anda ingin menggunakan oven untuk membakar adonan cookies, pastry, croissant, dan jenis kue lainnya dengan mengatur suhu yang berbeda. Sehingga hasil adonan yang dipanggang dalam convection oven gas pun dapat terpanggang dengan sempurna.

Mengenal Convection Oven Gas Dan Cara Kerjanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top