Lebih dalam Mengenal Panel Sinkron Genset

jual panel sinkron genset

Jual panel sinkron genset – Perkembangan pada teknologi industri membutuhkan sumber daya yang sangat besar terutama pasokan energi listrik. Umumnya, pabrik dengan skala yang besar mempunyai lebih dari dua generator yang akan berfungsi sebagai pasokan listrik untuk peralatan dan juga mesin-mesin alat berat. Pemakaian lebih dari satu generator genset sebagai pembangkit listrik memerlukan sinkronisasi yang harus dilakukan secara terkontrol agar tidak merusak mesin-mesin yang ada di pabrik.

Pengertian Panel Sinkron Genset

Jual panel sinkron genset merupakan sebuah panel yang memiliki fungsi untuk menyelaraskan phasa dari dua sumber generator AC maupun lebih. Panel sinkron bisa digunakan untuk menambahkan daya keluaran dari penggabungan generator tanpa harus merusak peralatan listrik karena perbedaan dari phasa atau frekuensi dari generator yang digabungkan tersebut.

Panel sinkron genset mampu untuk bekerja pada generator dengan spesifikasi yang berbeda agar bisa menghasilkan penambahan daya. Misalnya, seperti antara pembangkit 500 kVA dan 1000 kVA, pada saat sudah disinkronisasi, sumber listrik bisa digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang mempunyai kapasitas 1500 kVA.

Hal yang harus selalu diingat adalah melakukan sinkronisasi generator tidak akan sama dengan melakukan pararel generator. Proses dalam sinkronisasi bekerja jauh lebih kompleks jika dibandingkan memparalelkan karena harus lebih memperhatikan parameter dari gelombang AC yang nantinya akan dikeluarkan oleh masing-masing generator. Pada bagian panel sinkron, beberapa parameter output dari generator yang akan di sinkronisasi adalah, frekuensi, tegangan dan juga phasa.

Manfaat dari Panel Sinkron Genset

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan panel sinkron yaitu:

  1. Lebih Hemat Bahan Bakar
    Pada saat menggunakan panel sinkron, Anda bisa memakai generator atau genset dengan spesifikasi yang berbeda. Penggunaan generator yang sesuai dengan spesifikasi dari beban akan membantu pabrik untuk mengefisienkan pemakaian bahan bakar. Sebagai contohnya, bila sebuah pabrik mempunyai empat generator dengan spesifikasi 2*1000 kVA dan 2*500 kVA, pemakaian daya listrik untuk digunakan dalam satu motor 1500 kVA akan sangat efisien bila memakai 1000 kVA + 500 kVA yang bisa disinkronkan dengan panel.
  2. Lengkap dengan AMF
    Panel sinkron mempunyaiautomatic main failure (AMF)yang bila salah satu dari generator tidak bisa berfungsi, maka generator yang lainnya akan berfungsi sebagai backup tanpa mengganggu kinerja load. Panel sinkron juga mempunyai fitur, monitoring, pendeteksian, , proteksi dan juga kontrol seperti AMF. Hal tersebut merupakan extended features yang bisa disesuaikan dengan vendor penyedia jasa pembuatan jual panel sinkron genset.
  3. Mampu Mengurangi Rugi Daya
    Pemakaian generator yang memiliki kapasitas besar seringkali kurang efisien dari segi breaker dan transformator, dengan melakukan penggabungan  untuk beberapa generator dengan kapasitas menengah dan juga kecil, maka efisiensi dari generator sinkron secara keseluruhan dapat meningkat.
Lebih dalam Mengenal Panel Sinkron Genset

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top